Stop Mencemari Lingkungan! Yuk Mulai Hidup Go-Green

Bisnis Ramah Lingkungan

Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia. Tentunya bukan predikat yang bisa dibanggakan sama sekali. Plastik itu sendiri adalah sebuah material yang sangat sulit untuk diurai. Satu buah plastik bahkan membutuhkan waktu hingga ribuan tahun agar dapat terurai. Bila terdapat miliyaran material plastik yang digunakan oleh seluruh manusia di bumi yang belum bisa terurai, tentu jumlah sampah plastik tersebut semakin lama akan semakin menutupi permukaan bumi.

Konsekuensinya? Bukan hanya mengotori lingkungan, tetapi juga turut mempengaruhi makhluk hidup di dalamnya. Sampah plastik yang terlalu lama tertimbun di lautan akan berdampak pada ekosistem yang tinggal di dalamnya. Hewan-hewan laut secara tidak sengaja bisa saja memakan sampah plastik tersebut, sedangkan manusia yang tidak sadar bahwa lautan telah tercemar akan mengkonsumsi hewan-hewan lautan. Dan apa yang akan terjadi bila manusia mengkonsumsi sumber makanan yang telah tercemar? Berbagai penyakit pun akan timbul. Pada dasarnya, seluruh perisitwa akan saling terhubung satu sama lain.

Bumi merupakan tempat tinggal kita satu-satunya. Tanpa bumi, dimana manusia dan makhluk hidup lainnya akan tinggal? Maka dari itu, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk bersama-sama menjaga bumi sebagai tempat tinggal kita satu-satunya. Lagi pula, menjaga bumi itu sebenarnya tidak sulit kok. Kamu hanya perlu mengumpulkan tekad yang kuat dan mulai beraksi, seperti mengurangi penggunaan plastik dengan membawa sedotan stainless, tumblr, tempat makan sendiri serta jangan lupa untuk turut membawa tas belanjaan kain. Lalu bagaimana dengan botol plastik yang sudah terlanjur menumpuk? Kamu bisa mendaur ulangnya dan menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Saat ini, sudah mulai banyak pengusaha yang peduli akan pentingnya menjaga lingkungan dan memulai usaha di bidang bisnis ramah lingkungan. Selain minim modal, dengan memulai bisnis ramah lingkungan kamu juga akan secara tidak langsung mengajak masyarakat luas untuk turut peduli terhadap lingkungan. Kira-kira apa saja sih yang bisa kamu manfaatkan dari sampah plastik?

Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik

1. Pot Tanaman

Bila kamu menyukai tanaman, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk sekaligus berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Dari pada buang uang untuk hanya membeli wadah tanaman, kamu bisa menghiasi taman kecil mu dengan pot yang terbuat dari botol plastik. Agar tidak terlalu polos kamu juga bisa sekaligus menghiasinya dengan aneka kertas origami yang lucu dan berwarna. Kamu juga bisa memasang pot tanaman sebagai hisanya pagar yang digantung dengan indah.

2. Wadah Alat Tulis

Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, sepertinya tidak ada salahnya juga untuk membuat wadah alat tulis sendiri untuk ke sekolah. Tanpa membuang uang untuk membeli wadah alat tulis baru, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis sejak usia dini. Ketika ada teman-teman mu yang menanyakan dimana mereka bisa membeli wadah alat tulis seperti yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan diri untuk membuatkannya dengan memasang harga tertentu. Wadah alat tulis yang kamu buat juga bisa dihiasi oleh beraneka ragam kertas origami lucu dan dibentuk seperti karakter kartun favorite.

3. Tong Sampah dan Meja

Jika botol plastik itu sendiri bisa dimanfaatkan sebagai pot tanaman dan wadah alat tulis, maka kamu bisa memanfaatkan botol plastik untuk membuat tong sampah atau hiasan meja. Tutup botol plastik yang telah kamu kumpulkan bisa di lem dan dijadikan satu hingga membentuk tong sampah cantik. Selain itu, bagi kamu yang memiliki meja dengan alas kaca bening, kamu juga bisa memanfaatkan tutup botol plastik untuk menghiasi alas kaca agar tidakĀ  terlalu polos.

Banyak sekali kreasi-kreasi lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah plastik yang menumpuk. Dikarenakan material plastik yang sulit untuk terurai, justru hal ini akan memberikan mu keuntungan karena kreasi sampah plastik yang kamu buat akan menjadi barang yang tahan lama dan awet. Modal bisnis ramah lingkungan ini pun juga tidak memakan modal yang besar. Kamu bisa mengumpulkan sampah plastik di jalanan ketika banyak orang yang membuangnya secara sembarangan, memanfaatkan botol plastik yang telah terlanjur kamu beli, ataupun membeli langsung di pabrik.

Mau tahu bisnis ramah lingkungan apa lagi yang bisa dijadikan solusi? Baca saja di https://www.cekaja.com/info/bisnis-ramah-lingkungan-ini-untungnya-bisa-bikin-kamu-adem/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *